fbpx

Pengertian RUPS dan Syarat Mengikuti RUPS

Pengertian RUPS dan Syarat Mengikuti RUPS

Apa itu RUPS dan bagaimana syarat untuk mengikuti RUPS? Simak selengkapnya dalam artikel berikut.

Dalam sebuah Perseroan Terbatas atau PT, ada sebuah istilah yang disebut RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham). Lalu, apa yang dimaksud dengan RUPS? Apa saja syarat RUPS? Berikut ulasan selengkapnya.

 

 

Apa Itu RUPS?

RUPS atau Rapat Umum Pemegang Saham merupakan bagian Perseroan Terbatas yang memiliki kewenangan untuk mengambil keputusan bagi perusahaan. Dalam Undang-Undang No 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas, disebutkan bahwa RUPS merupakan organ atau bagian perusahaan yang memiliki kewenangan yang tidak diberikan kepada dewan direksi atau dewan komisaris dalam batas yang telah ditentukan oleh Undang-Undang.

 

Menurut pengertian tersebut, bisa dikatakan RUPS merupakan pemegang kekuasaan tertinggi di dalam perusahaan yang menjadi wadah bagi para pemegang saham untuk menyampaikan pendapatnya. Beberapa kewenangan yang dimiliki oleh RUPS tersebut antara lain seperti:

 

  • Mengubah anggaran dasar perusahaan
  • Mengangkat dan memberhentikan anggota dari direksi atau dewan komisaris
  • Menyetujui perpanjangan jangka waktu berdirinya perusahaan
  • Menyetujui peleburan, penggabungan, pengambilalihan, atau pemisahan perusahaan
  • Menyetujui pengajuan permohonan agar perusahaan dinyatakan pailit
  • Membubarkan perusahaan

 

Dalam bentuk konkritnya RUPS ini sendiri merupakan sebuah forum yang memungkinkan para pemegang saham untuk memperoleh keterangan-keterangan mengenai perusahaan dari para direksi dan dewan komisaris. Nantinya, keterangan-keterangan tersebut akan menjadi landasan dalam menentukan langkah strategis dan menentukan keputusan akhir.

 

 

Jenis-Jenis RUPS

RUPS dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu RUPS tahunan dan RUPS lainnya. RUPS tahunan merupakan RUPS yang diadakan untuk menerima laporan dari direksi terkait pengelolaan perusahaan dalam waktu satu tahun. Sesuai dengan namanya, RUPS ini diadakan setiap tahun selamba-lambatnya enam bulan setelah periode tahun buku perusahaan.

 

Sedangkan RUPS lainnya atau yang biasa disebut dengan RUPS luar biasa merupakan RUPS yang dapat diselenggarakan sewaktu-waktu sesuai dengan kebutuhan perusahaan. RUPS ini biasanya dilakukan ketika perusahaan ingin mengubah nama, tempat kedudukan, susunan dewan komisaris maupun direksi, dan hal lainnya yang membutuhkan persetujuan dari para pemegang saham.

 

 

Syarat Mengikuti RUPS

Sebagai pemegang saham, mengikuti RUPS sangat penting agar Anda dapat mengetahui potensi dari perusahaan. Namun, sebelum mengikuti RUPS, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Memiliki Konfirmasi Tertulis untuk Rapat (KTUR)

Konfirmasi Tertulis untuk Rapat atau KTUR bisa Anda peroleh dari apihak administrasi perusahaan sekuritas tempat Anda melakukan transaksi jual beli saham.

 

  • Membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP)

Selain memiliki KUTR, untuk menghadiri RUPS Anda juha harus membawa KTP. Apabila kehadiran Anda diwakilkan oleh orang lain, maka perwakilan yang Anda tunjuk harus memiliki surat kuasa dari Anda.

 

  • Memakai Pakaian Formal

Meskipun bukan syarat wajib untuk menghadiri RUPS, Anda sebaiknya mengenakan pakaian yang rapi karena forum RUPS merupakan acara yang sifatnya formal. Di samping itu, menggunakan pakaian yang rapi juga dapat meningkatkan kepercayaan diri Anda di depan pemegang saham lainnya.

 

 

Hak Suara Pemegang Saham dalam RUPS

Pada dasarnya, setiap saham yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan memiliki satu hak suara. Namun, perusahaan juga dapat menentukan hak suara tersebut lebih besar atau kecil. Selain itu, meskipun setiap saham memiliki satu suara, tetapi hak suara tersebut tidak berlaku bagi saham yang dikuasai oleh perusahaan, saham induk perusahaan yang dikuasai oleh anak perusahaannya secara langsung atau tidak langsung, serta saham perusahaan yang dikuasai oleh perusahaan lain.

 

Dalam RUPS, suara para pemegang saham ini nantinya dapat digunakan untuk mengambil keputusan. Saat pemungutan suara untuk mengambil keputusan, suara yang dikeluarkan oleh pemegang saham akan berlaku untuk semua saham yang dimilikinya.

 

Demikianlah penjelasan singkat mengenai RUPS, jenis-jenis RUPS, syarat RUPS,s serta hak suara pemegang saham dalam RUPS. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of