fbpx

Penanaman Modal Asing di Indonesia

Penanaman Modal Asing di Indonesia

 

Penanaman modal asing di Indonesia sudah diatur undang-undang agar sesuai dengan iklim investasi dan perdagangan dalam negeri.

 

Tidak bisa dimungkiri lagi kalau masalah usaha atau pendirian perusahaan cukup pelik. Hal ini bisa terjadi karena perusahaan khususnya yang besar juga bisa memengaruhi iklim perekonomian di dalam negeri. Itulah kenapa pemerintah membuat aturan dalam bentuk Undang-Undang No. 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal Asing.

Dengan aturan ini segala bentuk pendirian perusahaan asing atau investasi asing harus melalui prosedur yang benar. Pendirian perusahaan tidak bisa sembarangan agar legal dan diakui pemerintah. Berikut ulasan tentang penanaman modal asing yang terjadi di Indonesia.

 

Pengertian Penanaman Modal Asing

Berdasarkan Pasal 1 Undang-Undang No. 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal Asing: Penanaman modal asing adalah kegiatan menanam modal untuk melakukan usaha di wilayah negara Republik Indonesia yang dilakukan oleh penanam modal asing, baik yang menggunakan modal asing sepenuhnya maupun yang berpatungan dengan penanam modal dalam negeri.

Dari pengertian di atas terlihat dengan jelas kalau seorang pemodal asing bisa mendirikan usahanya di negeri ini dengan modalnya sendiri atau dengan pemodal lokal. Selanjutnya modal akan dikelola sedemikian sehingga mirip sekali dengan perusahaan modal lokal yang ada di Indonesia.

Selanjutnya masih dalam pasal yang sama: Modal asing adalah modal yang dimiliki oleh negara asing, perseorangan warga negara asing, badan usaha asing, badan hukum asing, dan/atau badan hukum Indonesia yang sebagian atau seluruh modalnya dimiliki oleh pihak asing.

Modal bisa dikatakan modal asing kalau berasal dari luar negeri entah dalam bentuk perorangan, perusahaan, lembaga keuangan, dan pemerintah negara lain. Selain itu kalau ada perusahaan dalam negeri memberikan suntikan dana, tapi modalnya dari luar negeri juga disebut sebagai modal asing.

 

Bentuk Usaha atau Badan Hukum yang Legal

Perusahaan Penanaman Modal Asing di Indonesia harus dalam bentuk Perseroan Terbatas atau PT. Hal ini bertumpu pada undang-undang yang sama pasal 5 angka 2 yang berbunyi: Penanaman modal asing wajib dalam bentuk perseroan terbatas berdasarkan hukum Indonesia dan berkedudukan di dalam wilayah negara Republik Indonesia, kecuali ditentukan lain oleh undang-undang.

Sebaliknya kalau penanaman modal sepenuhnya berasal dari dalam negeri, berbagai bentuk badan hukum perusahaan bisa diterima seperti pasal 5 angka 1 yang berisi: Penanaman modal dalam negeri dapat dilakukan dalam bentuk badan usaha yang berbentuk badan hukum, tidak berbadan hukum atau usaha perseorangan, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Dari pasal di atas terlihat jelas kalau penanam modal asing hanya bisa dilakukan kalau sudah berbentuk PT. Kalau belum dalam bentuk perseroan, penanaman modal akan dianggap sebagai legal dan pemerintah berhak menindak secara tegas.

 

Ketenagakerjaan dalam Penanaman Modal Asing

Karena mendirikan usahanya di Indonesia, perusahaan asing tetap harus mematuhi masalah ketenagakerjaan di Indonesia. Perusahaan yang didirikan dengan modal asing harus melakukan beberapa hal di bawah ini:

  • Perusahaan penanaman modal asing harus menggunakan atau mendahulukan pekerja lokal dalam perusahaannya. Hal ini dilakukan karena pemerintah ingin perusahaan asing menyerap banyak pekerja lokal.
  • Perusahaan asing boleh mempekerjakan pekerja asing dari negaranya atau selain dari Indonesia, tapi hanya dalam bentuk tenaga ahli saja. Selama tenaga ahli itu tidak ada di Indonesia, mereka boleh merekrutnya.
  • Semua pekerja wajib diberi tambahan kompetensi seperti kursus atau pelatihan lainnya.

 

Demikian ulasan tentang investasi asing atau penanaman modal asing di Indonesia. Perorangan atau perusahaan asing yang ingin membuka usaha harus mematuhi aturan yang berlaku seperti menjadi PT dan menggunakan tenaga lokal. Semoga ulasan di atas bisa menambah informasi Anda terkait penanaman modal asing.

 

SLID---Banner-Brand-CTA-SLC---180119---v1---AR
Smart Legal Network
Average rating:  
 0 reviews

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of