Jangan Asal Beli Kurma Muda! Ketahui Hal-Hal Berikut Ini Sebelum Membeli.

Jangan Asal Pilih! Ketahui Hal-Hal Berikut sebelum Membeli Kurma Muda

 

Tahukah Anda kurma muda merupakan buah yang sudah terkenal dengan nutrisi dan khasiatnya, khususnya jika Anda membaca banyak sejarah Islam bahwa Nabi Muhammad SAW telah meriwayatkan keistimewaan buah kurma.

Nah saat ini komoditi.id akan menejelaskan apa sih khasiat, kandungan, harga, dan tips sebelum membeli kurma muda.

 

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan kurma, bukan? Buah berwarna kecokelatan ini umumnya dikonsumsi sebagai menu wajib berbuka puasa. Manfaatnya yang beragam membuat buah bernama latin Phoenix dactylifera ini banyak disukai.

 

 

Kurma sendiri memiliki puluhan kultivar (varietas) tergantung di negara mana ia dibudidayakan. Nah, kalau di Indonesia, kurma yang terkenal memiliki kualitas nomor satu adalah kurma Ajwa (kurma nabi). Kurma yang pernah disebutkan dalam salah satu hadis Rasulullah ini berasal dari daerah Madinah, tepatnya di dataran tinggi dekat wilayah Nejed.

 

 

 

Seputar Kurma Muda

 

beli dan jual kurma muda merah - komoditi.id

foto asli kurma muda dari komoditi.id

 

 

Masyarakat Indonesia umumnya lebih mengenal kurma kering (tamur) yang jamak dijumpai saat bulan Ramadan atau musim haji ketimbang kurma muda. Kurma muda atau ruhtob sendiri memiliki ciri yang hampir sama dengan kurma kering—hanya teksturnya sedikit lebih keras dengan daging buahnya berwarna putih kelapa.

 

Karena termasuk buah yang belum masak, rasa kurma muda tentu sedikit masam dan segar. Tapi ada juga jenis kurma lain yang sudah manis meskipun masih muda. Membiarkan kurma muda selama beberapa waktu akan membuat teksturnya menjadi lebih lembut dan manis saat dikonsumsi.

 

 

Kurma muda sendiri dibagi menjadi 3 jenis yang sama-sama mengandung nutrisi penting untuk kesehatan, terutama jika dikonsumsi ibu hamil atau yang sedang berada dalam masa nifas (sehabis melahirkan),  yaitu:

 

  • Kurma muda merah
  • Kurma muda hijau
  • Kurma muda kuning

 

Kurma muda biasanya dikonsumsi dengan dicampurkan bersama bahan makanan lain seperti madu dan susu untuk mengurangi rasa asamnya. Di negara-negara Arab, buah ini sering diolah menjadi selai, campuran kue, dan puding.

 

Untuk menyiasati kulit luarnya yang keras, Anda bisa menggunakan alat bantu seperti penjepit atau pemecah kacang. Jika tidak ingin repot, belilah kurma muda bubuk yang saat ini sudah banyak tersedia di pasaran.

 

Sedikit tambahan, simpan kurma muda dengan hati-hati agar tidak mudah berjamur. Caranya, cuci bersih kurma muda lalu angin-anginkan sampai benar-benar kering. Letakkan kurma di wadah yang kedap udara, lalu masukkan ke dalam freezer. Jika hendak dikonsumsi, diamkan dulu sejenak setelah dikeluarkan dari kulkas.

 

 

 

Khasiat Kurma Muda untuk Kesehatan

Kurma muda foto real - komoditi indonesia

foto asli kurma muda dari komoditi.id

 

Kurma merupakan buah yang mendapat julukan tree of life karena manfaatnya yang sangat beragam untuk kesehatan manusia, tidak hanya buahnya, tapi juga daun, batang, akar, sampai getahnya. Buah yang berasal dari Teluk Persia ini pun tidak hanya bisa dikonsumsi orang dewasa, tapi juga bayi dan anak-anak.

 

Kurma muda adalah buah yang kaya akan kandungan tannin, yang dalam dunia medis dikenal memiliki daya khasiat untuk membersihkan usus yang bermasalah. Di dataran Timur Tengah, buah ini merupakan menu yang wajib ada di meja makan—tidak hanya pada bulan puasa saja.

 

Berikut beberapa khasiat mengonsumsi kurma muda yang perlu Anda ketahui:

 

  • Mencegah risiko perdarahan saat melahirkan
  • Memperlancar produksi ASI pada ibu menyusui
  • Menurunkan tekanan darah
  • Meningkatkan kesuburan
  • Baik untuk kesehatan mata
  • Mengurangi risiko kanker
  • Memperbaiki fungsi kerja jantung
  • Mengurangi risiko stroke
  • Memperbaiki sistem imun tubuh
  • Menambah energi
  • Meningkatkan kinerja otak, terutama pada anak-anak
  • Memberikan efek kenyang lebih lama
  • Memenuhi kebutuhan serat dan glukosa tubuh
  • Memperbaiki sistem pencernaan
  • Mencegah inflamasi (peradangan)
  • Melancarkan BAB
  • Menangkal radikal bebas

 

 

 

Manfaat Kurma Muda untuk Program Kehamilan

Kurma muda untuk program hamil

 

 

Sudah bertahun-tahun berumah tangga tapi belum juga dikaruniai keturunan, padahal sudah mematuhi saran dokter dan mencoba berbagai program kehamilan? Tak perlu khawatir. Ikhtiar lain yang bisa Anda coba jika ingin segera memiliki momongan adalah mengonsumsi kurma muda.

 

Buah yang tergolong dalam tanaman Arecaceae ini memang dikenal memiliki khasiat yang sangat besar untuk pasutri yang ingin segera memiliki anak. Ini karena dalam sebutir kurma muda terkandung zat dan nutrisi tertentu yang bisa meningkatkan kesuburan pada pria maupun wanita.

 

 

  • Kurma Muda untuk Kesuburan Pria

Para suami yang ingin segera memiliki keturunan, cobalah rutin mengonsumsi kurma muda merah. Kandungan estradiol dan flavonoid di dalamnya terbukti tidak hanya mampu meningkatkan vitalitas dan gairah seksual, tapi juga meningkatkan kualitas sperma dan menambah berat testis.

Cara mengonsumsinya juga cukup praktis, Anda hanya perlu merendam beberapa butir kurma muda merah ke dalam segelas susu (lebih baik lagi susu kambing), diamkan semalaman, lalu haluskan kurma untuk kemudian dicampurkan ke dalam susu yang sama. Agar rasanya makin lezat, Anda bisa menambahkan madu dan bubuk kapulaga.

 

Kedua bahan tersebut dikenal cukup berkhasiat untuk meningkatkan ketahanan seksual pria, serta mencegah infertilitas yang menjadi penyebab umum susahnya pasutri memiliki keturunan.

 

 

  • Kurma Muda untuk Wanita

Kurma tidak hanya berkhasiat untuk pria, tapi juga wanita. Jika Anda seorang istri yang sudah lama merindukan momongan, cobalah mengonsumsi kurma muda secara rutin. Zat-zat aktif di dalam sebutir kurma berkhasiat untuk mencegah perdarahan dengan cara merangsang produksi hormon bitosin.

 

Selain itu, hormon oksitosin di dalamnya juga berperan dalam membantu kontraksi otot polos pada dinding rahim saat berhubungan seksual. Khusus perempuan disarankan untuk mengonsumsi kurma muda jenis hijau atau kuning. Kandungan zat besi dan kalsium di dalamnya terbukti sangat bermanfaat untuk melancarkan program hamil.

 

 

Nutrisi dalam Sebutir Kurma Muda untuk Promil

Saat hamil atau menjalani program kehamilan, seorang perempuan membutuhkan asupan nutrisi yang cukup agar kesehatan ibu dan janin tetap terjaga. Berikut beberapa zat bermanfaat yang terdapat dalam sebutir kurma muda.

  • Fruktosa

Saat mengandung, ibu membutuhkan energi yang cukup agar kondisi tubuh tetap fit. Nah, dalam sebutir kurma muda terkandung fruktosa (gula alami) yang sangat baik bagi tubuh tanpa memengaruhi kadar gula dalam darah. Asupan fruktosa yang cukup akan membuat kandungan ibu lebih kuat dan proses persalinan berjalan lancar.

 

  • Protein

Protein sangat dibutuhkan selama masa kehamilan untuk membantu pembentukan sel dan jaringan tubuh. Zat ini bisa diperoleh secara mudah dengan mengonsumsi kurma muda saat hamil.

 

  • Serat

Sembelit alias susah BAB adalah masalah paling umum yang dirasakan ibu hamil. Biasanya hal ini terjadi akibat minimnya asupan serat yang masuk ke tubuh. Untuk mengatasinya, ibu perlu banyak-banyak mengonsumsi makanan kaya serat seperti kurma muda.

Selain itu, nutrisi ini juga bermanfaat memberikan efek kenyang lebih lama, sehingga berat badan tetap ideal selama kehamilan dan pasca-persalinan. Ya, makan kurma muda secara teratur bisa jadi diet alami buat Bunda yang ingin tetap tampil seksi setelah melahirkan, lho.

 

  • Folat

Folat sangat diperlukan selama kehamilan untuk membantu menyempurnakan perkembangan otak janin. Kekurangan folat saat hamil berisiko bayi lahir cacat dan ketidaksempurnaan pada sumsum tulang belakang. Kurma muda terbukti tinggi asam folat yang sangat baik untuk otak bayi.

 

  • Vitamin K

Kurma mengandung vitamin K yang sangat diperlukan selama masa kehamilan untuk membantu pembentukan dan memperkuat tulang bayi. Kurangnya nutrisi vitamin K selama hamil juga meningkatkan risiko penyakit hati, gangguan saluran empedu, bahkan malabsorpsi pada ibu hamil.

 

  • Zat Besi

Ketika hamil ibu rentan mengalami anemia akibat kekurangan zat besi dalam tubuh. Untuk mencegahnya, cobalah mengonsumsi kurma muda secara rutin. Selain terhindar dari kekurangan darah, buah ini juga bermanfaat memperbaiki sistem imun ibu dan janin.

 

  • Magnesium

Magnesium adalah zat yang berperan dalam menjaga tulang dan gigi bayi agar tetap dalam keadaan normal. Zat ini jugalah yang turut andil dalam menjaga kadar gula dalam darah dan tekanan darah. Kurangnya asupan magnesium berisiko menyebabkan timbulnya penyakit ginjal dan hati pada ibu hamil.

 

  • Asam Lemak Jenuh dan Tak Jenuh

Asam lemak jenuh dan tak jenuh yang terdapat dalam sebutir buah kurma terbukti mampu memperlancar proses persalinan dengan cara meningkatkan produksi prostaglandins. Zat aktif lain dalam buah ini juga berfungsi mendorong oksitosin agar memicu terjadinya kontraksi sehingga rahim menjadi lebih sensitif saat melahirkan.

 

 

 

Bagaimana Kurma Bermanfaat untuk Promil?

 

Berikut merupakan daftar manfaat mengonsumsi kurma selama program kehamilan:

 

  1. Meningkatkan Kualitas Sperma

Susah hamil meski sudah mencoba berbagai cara biasanya disebabkan oleh banyak faktor, salah satu yang paling mungkin terjadi adalah buruknya kualitas sperma suami. Ya, sperma yang tidak bagus memang akan membuat proses pembuahan gagal, sehingga kehamilan tak kunjung terjadi.

Solusi yang wajib dicoba adalah dengan mengonsumsi kurma merah (untuk pria) secara rutin. Buah ini memiliki kandungan tertentu yang sangat bermanfaat meningkatka kualitas dan menambah jumlah sperma.

 

  1. Menyuburkan Rahim

Kurma terbukti mengandung zat aktif yang mampu memperkuat otot rahim wanita. Rahim yang kuat tentu secara langsung akan membuat peluang memiliki keturunan semakin besar. Selain itu, hormon bisotin di dalamnya juga berperan sebagai katalis dalam sirkulasi darah, sehingga risiko perdarahan bisa diminimalisir.

 

  1. Menyehatkan Tubuh

Kehamilan salah satunya dipengaruhi oleh kondisi tubuh si ibu. Tentu saja perempuan dengan kondisi fisik sehat lebih berpeluang untuk memiliki keturunan dibandingkan dengan mereka yang memiliki sistem imun lemah.

Nah, kurma muda mengandung zat-zat aktif seperti glukosa, zat besi, kalsium, sampai antioksidan yang bermanfaat menjaga daya tahan tubuh.

 

  1. Menambah Energi

Kurma sangat diperlukan saat program hamil karena berperan penting dalam menambah energi yang diperlukan tubuh untuk tetap beraktivitas. Konsumsi kurma selama masa kehamilan juga akan membuat janin lebih sehat dan kuat.

 

  1. Proses Pembukaan Lebih Cepat

Persalinan lancar tentu juga merupakan salah satu “agenda” program hamil. Salah satu penentu kelancaran saat melahirkan adalah proses pembukaan (dilatasi). Umumnya wanita akan mengalami pembukaan selama paling tidak 8 jam dari pembukaan 1 sampai 10. Nah, saat pembukaan, ibu akan mengalami kontraksi yang makin tinggi intensitas dan rasa sakitnya.

 

Namun, tak perlu khawatir. Mengonsumsi kurma muda selama hamil diyakini bisa mempercepat proses pembukaan, sehingga Anda tidak perlu lagi berlama-lama berjuang melawan rasa sakit.

 

Dalam sebuah penelitian didapat kesimpulan ibu hamil yang rutin makan kurma mengalami fase laten (pembukaan 1-3) lebih cepat dibandingkan yang tidak. Selain itu, kelompok ibu hamil yang mengonsumsi kurma muda mengalami dilatasi yang lebih progresif saat sudah sampai di rumah bersalin.

 

 

  1. Ketuban Tidak Mudah Pecah

Di luar sana banyak ditemukan kasus pecah ketuban sebelum waktunya, bahkan jauh sebelum HPL (Hari Perkiraan Lahir) tiba. Ketuban yang pecah sebelum waktunya berisiko menimbulkan infeksi dan peradangan pada selaput amnion. Hal ini tentu akan berbahaya bagi kesehatan ibu maupun bayi.

 

Penelitian membuktikan bahwa kurma muda mengandung zat yang sangat bermanfaat dalam menguatkan ketuban sehingga tidak pecah sebelum masanya.

 

Meski kurma memiliki segudang manfaat yang sangat baik untuk Bunda, ibu hamil tetap harus membatasi asupan buah ini. Makan kurma berlebihan saat mengandung justru akan meningkatkan risiko kehamilan dengan BB berlebih (obesitas), gula darah tinggi, diabetes gestational, sampai pembusukan gigi.

 

Jumlah ideal mengonsumsi kurma dalam sehari bagi ibu hamil adalah 3-5 butir. Jangan lupa imbangi dengan makan makanan bergizi lain seperti sayur dan buah-buahan segar, ya.

 

 

 

Rutin Makan Kurma Bikin Pria Perkasa di Ranjang

Supplier Jual Kurma muda di jakarta selatan

Gambar asli kurma muda dari komoditi.id

 

Nah, khusus para pria yang merasa performa di ranjang kian menurun, cobalah mengonsumsi kurma muda. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa buah yang satu ini terbukti mengandung asam amino yang mampu meningkatkan libido dan performa seks di ranjang.

 

Kurma mengandung glukosa—yang berperan dalam proses pembentukan energi—serta zinc, zat yang sangat dibutuhkan laki-laki untuk meningkatkan kebugaran, vitalitas, dan stamina tubuhnya, sehingga tidak mudah loyo saat berhubungan intim dengan pasangan.

 

Kandungan estradiol dan flavonoid dalam sebutir kurma terbukti mampu meningkatkan kejantanan dan meningkatkan kualitas sperma pada pria. Tidak heran jika buah ini sering dijadikan sebagai obat kuat alami oleh para pria sejak zaman dulu.

 

Nah, agar hasilnya makin maksimal, jangan lupa juga untuk mengimbangi konsumsi kurma dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti olahraga, hindari merokok dan alkohol, serta banyak mengonsumsi makanan bergizi tinggi.

 

 

 

Berapa Harga Kurma Muda?

Supplier Jual Kurma muda di jakarta selatan

Gambar asli kurma muda dari komoditi.id

 

Harga kurma muda sendiri tidak berbeda jauh dengan kurma kering. Yakni berkisar Rp150.000 sampai Rp300.000 per kilogram. Saat ini pun sudah banyak toko online yang menjual kurma muda berbagai kualitas, baik yang hijau, merah, maupun kuning.

 

Harga kurma muda memang mahal, sebab buah ini memang diimpor langsung dari Timur Tengah sana. Selain itu, pengiriman via pesawat dan cargo yang cukup memakan waktu juga membuat buah basah ini tidak bisa bertahan dalam waktu lama. Tidak heran jika kurma muda harganya cukup mahal.

 

Komoditi.ID sendiri memiliki supplier kurma muda dari Mesir, sehingga kualitas kurma sangat baik, Anda dapat membeli ecer kepada kami dan kami juga open reseller. Anda dapat menghubungi komoditi.id di  083899794533

 

 

 

 

Tips Memilih Kurma Muda Berkualitas

kurma muda / fresh date indonesia

Gambar asli kurma muda dari komoditi.id

 

Jika Anda berkesempatan untuk membeli secara langsung, misalnya saat wisata atau pergi haji ke Timur Tengah, berikut ada beberapa panduan memilih kurma muda yang baik dan berkualitas.

  • Pastikan kondisi kulit luar kurma masih bagus dan tidak berlubang dimakan serangga
  • Pilih kurma yang kulitnya bersih dan terlihat segar (tidak kusam)
  • Kondisi buah padat berisi
  • Aroma segar dan tidak berjamur

 

Alternatif bagi Anda yang kesulitan mencari kurma muda segar adalah membeli kurma muda serbuk yang banyak dijual di toko-toko herbal. Produk semacam ini dibuat dari serbuk sari kurma (dates pollen) yang memiliki khasiat sama seperti kurma muda segar.

 

Nah, demikian pembahasan lengkap mengenai manfaat kurma muda dan bagaimana cara memilihnya. Selamat mencoba!

 

Halo, komoditi.id punya berita baik untuk kamu, kamu dapat memesan kurma muda yang terjamin keaslian dan kualitasnya, pengiriman dilakukan setiap hari Jum’at dari Mesir (Pre Order Only).

 

Hubungi komoditi.id sekarang juga di  083899794533

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of