fbpx

jenis jenis durian terpopuler di indonesia

Durian dan jenis jenis nya

Durian adalah salah satu buah yang dapat hidup di Negara tropis yang berasal dari asia tenggara. Durian termasuk kingdom plantae yang berarti tumbuhan, durian juga mempunyai divisi spermatopyta yang berarti tumbuhan yang mempunyai biji, durian juga termasuk Dicotyledonae yang berarti buah yang mempunyai biji berkeping. Nama latin dari durian adalah Durio zibethinus Murr.

 

Durian juga mempunyai mempunyai julukan yaitu “the king of fruits” dikarnakan durian memiliki tampilan yang sangat menyeramkan berbeda dengan buah lain nya. Salah satu yang membedakan adalah tampilan kulit nya yang berduri duri tajam. Durian juga mempunyai aroma yang sangat khas dan sangat nikmat bagi pecinta nya dan sangat berkebalikan bagi orang yang fobia dengan durian. Biasa nya orang yang tidak suka dengan durian dia akan sangat tidak suka menghirup aroma nya.

 

 

 

Durian juga salahatu buah yang musiman yang berarti tidak setiap saat buah ini ada di pasar, dan apabila ada mungkin kualitas nya berbeda pada saat musim nya tiba.  Durian banyak  tersebar di pulau pulau Indonesia dan jumlah jenis jenis durian yang ada di Indonesia mencapai 30 jenis. Kita akan coba membahas beberapa jenis durian yang terpopuler di Indonesia.

 

1. Durian montong

Durian ini sangat terkenal bagi para pemain durian tapi durian ini tidak berasal dari Indonesia. Durian ini berasal dari Negara sebelah yaitu thailan tapi bagi para kuliner tidak masalah karna hanya makanan semata. Durian ini berasal dari thailan Namun sangat populer di Indonesia. Durian ini sangat terkenal dengan rasa yang super ringan dan tekstur. Dan aroma dari durian ini melayani khas

 

jenis jenis durian

Pohon durian montong ini termasuk tumbuhan yang mampu beradaptasi dengan lingkungan sekitar. pohon durian ini memiliki tinggi 5 sampai 8 meter. Batang pohon nya ukuran 2 sampai 4 meter.bentuk pohon duren ini seperti halnya yang mengerucut dengan cabang batang yang rapat. Warna dari batang pohon ini sama dengan pohon seperti biasa nya coklat. Permukaan nya juga tidak jauh beda yaitu halus dan bentuk bulat. Dan pohon durian ini memiliki bunga yang berwarna putih kekuningan.

 

Pohon durian ini dapat berbuah sebanyak 3 biji dalam 1 tandan, dalam 1 buah durian ada 5 hingga 7 biji. Bentuk dari buah durian ini berbeda beda yang yang bulat, lonjong, panjang, dll. Kulit dari durian ini sangat lah tebal dan berduri tajam. Tekstur buah daging dari durian ini sangat tebal dan terlihat sedikit kering juga kurang lemak, warna dari daging buah nya adalah kuning keemasan. berat dari buah durian montong ini mencapai 3 sampai 6Kg. dan harga pasaran durian montong sekisaran 50 ribu sampai 70 ribu per buah.

2. Durian petruk

Durian petruk adalah durian yang berasal dari Indonesia yang lebih tepat di kota jepara. Durian petruk ini durian popularitas setelah durian montong tadi. Durian petruk ini telah ada sejak tahun 80an dan nama nya terus melejit di tahun seterus nya. Para penggemar durian pasti tahu durian yang sangat lezat ini. Durian ini juga sering di sebut dengan nama jepdurian ara karna memang asli dari kota jepara.

jenis jenis durian

 

Durian petruk ini juga termasuk kelompok tanaman unggulan nasional. Tumbuhan ini sangat kuat dari bahaya penyakit hama tumbuhan. Tumbuhan ini juga sangat mudah untuk di budidayakan oleh masyarakat. Pohon durian ini dapat menghasilkan 50-150 buah / pohon dan berat 1 buah nya sekisaran 1-2 KG. harga dari durian petruk ini sekisaran 80.000 / kg.

 

Durian petruk memiliki daging buah yang manis dan sedikit pahit warna nya juga bebeda dengan durian montong yang berwarna kuning keemasan sementara durian petruk ini warna kekuningan saja. Tekstur dari buah daging durian ini, sedikit berserat, lentur tapi tidak lembek, dan rasa nya pun sangat lezat. Aroma dari durian petruk ini berbeda dengan aroma durian lain nya aroma durian petruk ini nikmat dan tidak akan mengguncang Anda.

 

 

3. Durian bokor

Durian bokor adalah durian yang berasal dari Indonesia yang berada di daerah majalengka. Durian ini sering juga di sebut dengan nama durian aden. Durian ini tak kalah populer dengan durian yang diatas tadi. Durian ini juga termasuk tumbuhan unggul pada tahun 1993 dan hingga saat ini.

 

jenis jenis durian

 

Durian bokor ini memiliki kulit yang tidak terlalu tebal dan berwarna hijau ke kuning kuningan. Dan duri nya Layang-layang kerucut dan tersusun jarang. Daging buah nya tidak seperti durian montong dan petruk yang sangat ringan tapi durian ini memiliki daging buah yang tidak terlalu rendah. Teksturnya pun tidak berserat dan warna nya kuning muda. Durian bokor ini memiliki rasa yang manis dan aroma nya sama seperti aroma duren yang lain harum. Bentuk dari buah durian ini adalah lonjong

 

Pohon durian bokor ini sama seperti pohon durian petruk yang kuat dari serangan hama / penyakit penyakit tumbuhan lain nya. Pohon durian ini sangat handal dalam menghasilkan buah sendiri yang dapat menghasilkan 150-200 per tahun. Pohon durian ini dapat digunakan untuk ketinggian 400-600 m di atas permukaan laut, tanaman ini cocok dengan tempat yang lembap yang sering turun hujan.untuk harga pasaran durian bokor ini sekisaran 20.000 per buah nya, dapat Anda cari di toko durian terdekat.

 

 4. Durian bawor

Durian bawor adalah durian asli Indinesia yang berasal dari banyumas. Durian bawor ini dinamakan bawor karna durian ini di temukan oleh seorang wanita di kota banyumas sehinnga nama bawor adalah bahasa asal banyumas yang arti nya keponakan. Durian ini juga sering disebut durian montongnya banyumas karna durian bawor ini sangat mirip dengan durian montong. Durian ini sangat banyak kekuatannya yang sangat berguna untuk membuat buah yang sangat mirip dengan durian montong. Anda dapat membuat orang yang membutuhkan nya akan memakan waktu durian montong.jenis jenis durian

 

Durian bawor ini memiliki tekstur daging buah yang mirip dengan durian montong, yaitu daging yang ringan dan biji yang kecil dan sangat lezat, tapi warna daging buah durian bawor ini berwarna oranye. Aroma dari durian bawor ini sangat mempesona seperti durian lain nya.

 

Pohon dari durian bawor ini memiliki ukuran yang cukup besar dan pohon yang dapat bertahan selama 6-8 tahun. BAGAIMANA MALAM INI MENINGGALKAN JUGA MENAMBAH BANYAK PENAMBAHAN. Dan berat per buah nya adalah kisaran 6-9KG / buah nya bahkan ada hingga yang maksimal seberat 15Kg / Buah nya. Untuk harga durian ini kisaran 90.000 / buah.

 

5. Durian tembaga

 

Durian tembaga adalah durian khas Indonesia yang berasal dari kota riau. Nama tembaga ini diambil dari bentuk buah yang tubuhnya seperti tembaga. Durian ini lumayan banyak penggemar nya karna keunikan yang di MAKAN nya. Durian ini terkenal sejak tahun 1990an.jenis jenis durian

 

Durian tembaga ini banyak memiliki keunikan yang merupakan satu bentuk daging buah yang seperti tembaga. Durian ini juga memiliki daging yang sangat ringan. Daging buah durian ini tidak kalah lezat dengan durian montonng. Rasa dari durian tembaga ini legit dan manis yang bercampur dengan pahit / getir

 

Durian tembaga ini juga termasuk durian favorit di Indonesia dengan peminat yang sangat banyak, namun masih belum seluruh kota di Indonesia dapat membeli buat durian ini karna Mencintai perdagangan belum menyeluruh. Contohnya di pulau Sumatera dan Kalimantan. Durian ini bukan hanya rasa yang menggiurkan tetapi harga sangat terjangkau yaitu 20.000 / buah ada juga yang mencapai 100.000 / buah, semua tergantug berat dan kualitas nya.

 

6.Durian mimang                     

Durian mimang adalah durian yang berasal dari kota banjarnegara, jawa tengah. Durian ini sudah sangat tidak lagi lagi bagi durian karna durian ini yang pernah menjadi juara 2 dalam lomba durian se asia tenggara. Durian ini mulai populer pada tahun 2000 dan sangat terkenal pada tahun 2003. Durian mimang ini juga termasuk durian unggulan di Indonesia.

 

Durian mimang memiliki rasa yang manis dan legit driair nya sedikit dan tidak mengandung alkohol. Dan biji dari durian ini tergolong kecil yang berbentuk kepingan. Yang tampak luar nya durian ini terlihat lonjong kecil yang berdiameter 15cm. sedangkan warna kulit nya kuning kehijauan. Dengan ukuran yang seperti ini, membuat para anggota menjadi lebih baik untuk karna pas untuk 1 orang. Dan harga perbuah nya kisaran 50-200ribu tergantung kualitas.

 

 7.  Durian matahari

Durian matahari adalah durian yang berasal dari kota Bogor dan di budidayakan di meluas ke seluruh kota di Indonesia. Nama dari durian ini diambil dari warna daging buah tubuhnya yang kuning seperti pancaran sinar matahari. Durian matahari ini juga termasuk durian lokal ternama di Indonesia karna hanya durian ini yang baru memiliki sertifikat resmi dari BPSB.

 

Durian ini juga memiliki rasa yang tak kalah dengan durian lain nya. Rasa dari durian ini terkenal sangat manis dan biasa nya orang orang sangat Kreatif nya. Durian ini juga memiliki sifat-sifat seperti biji yang sangat sangat kecil bahkan yang tidak memiliki biji. Tekstur dari daging buah nya juga sangat lembut, ringan, tidak berair. Durian matahari ini juga memiliki aroma yang khas. Aroma dari durian ini tidak terlalu tajam menyambar hidung tidak seperti duren biasa nya.

 

Durian matahari ini juga mudah untuk di budidayakan. Pohon dari durian ini sangat tahan dari hama / penyakit yang sering menyerang tumbuhan. Pohon durian ini juga sangat produktif dalam menghasikan buah. Dalam waktu 5 hingga 6 tahun saja pohon ini sudah bisa menghasikan buah banyak. Sampai usia nya 20 tahun pohon ini juga masih sangat produktif. Biasa nya satu pohon durian matahari dapat menghasilkan 50-200 / tahun nya. Dan harga durian ini ternyata lumayan terjangkau yaitu kisaran 30.000 sampai 50.000 per Kg nya.

 

 

8. Durian merah Banyuwangi

Durian merah banyuwangi ini durian yang sangat berbeda dengan durian lain nya. Lihat dari nama nya saja sudah bisa kita sebut berapa buah durian tersebut. Ya durian ini memiliki yang tidak dimiliki oleh durian lain nya, yaitu daging buah yang berwarna merah. Itulah sebab nya durian ini di namakan “durian merah banyuwangi” nama banyuwangi yang diberikan dari kota penghasil nya yaitu di banyuwangi. Durian merah ini tersedia juga di bebeapa kota Berlin termasuk nama banyuwangi agar dapat memisahkan dengan durian merah lain nya.

 

Durian ini memiliki fisik yang kecil tapi kualitas dari durian ini tak kalah dengan durian lain nya. Durian ini memiliki rasa yang sangat manis, legit. Durian ini memiliki tekstur daging buah yang ringan dan lembut yang berarti bahwa para pecinta durian dan yang paling nyata lagi adalah memiliki warna daging buah yang sangat menarik mata merah.

 

Aroma dari durian ini sangat berbeda dengan durian petruk dan montong. untuk mendapatkan durian merah banyuwangi ini kami harus mencari tempat di mana kami bisa pergi langsung ke banyuwangi untuk keperluannya. Untuk harga dari durian merah banyuwangi ini kisaran 60.000 / buah.

 

9.Dunia pelangi

 

Kali ini kita akan bahas tentang durian pelangi. Durian ini durian khas dari Papua. Kalau kita membaca nama dia terbesit di pikiran kita bagaiman warna dari buah itu. Ya benar sekali ciri khas yang di isi durian ini adalah warna daging buah yang sangat berbeda dengan durian lain nya. Durian ini memiliki 4 warna dalam 1 buah warna yang terdiri dari merah muda, merah tua, krem, dan sedikit warna hijau. Sebabagaman durian ini dinamakan durian pelangi. Durian ini adalah perkawinan dari durian merah, durian kuning, durian putih. Durian ini juga mendapatkan penghargaan “durian dengan warna terindah”

 

Durian pelangi ini memiliki rasa yanamat yang sangat manis dan legit. Durian ini sangat populer pada harga awal hingga harga per buah nya mencapai 250.000 / buah harga yang sangat fantastis. Durian ini sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita.

 

Salah satu kekurangan dari durian pelangi adalah sedikit nya bibit pohon ini menyebabkan nya sulit untuk kita lakukan bahkan di papua sendiri hanya beberapa pohon nya. Durian ini asli nya sangat mudah untuk di budidayakan karna pohon dari durian ini sangat kuat.

 

Bagaiman dengan jenis jenis durian di atas? Sangat menggoda selera yaa. Jenis jenis durian di atas sebagian besar durian yang berasal dari Indonesia. Dengan itu kita yang berwarganegara Indonesia sangat berbeda dengan kekayaan negri ini, yang salah satu bentuknya adalah varians durian. Dan masih banyak lagi jenis-jenis durian di Indonesia yang belum saya tulis di atas. Bahwasan nya kita tahu berapa banyak jenis durian di Indonesia ada 30. Berarti masih banyak lagi lagi jenis jenis durian lain nya.

 

Untuk kalian para pecinta durian. Kami menyediakan beberapa jenis durian lokal untuk di perjual belikan dengan harga yang sangat terjangkau dan tentu saja dengan kualitas super terjamin. Bagi Anda yang ingin masuk ke nomor 085775053165.

 

 

Cukup sekian terimakasih

baca juga; pupuk organik untuk menanam pohon  

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of