Dampak Gadget Bagi Pergaulan Remaja Saat Ini

Di era yang sangat modern ini, kita sudah tidak asing lagi apabila mendengar kata Gadget“. Gadget saat ini tidak bisa dipisahkan lagi dari kehidupan masyarakat untuk menjalani kesehariannya.

Penggunaan gadget bahkan juga sudah mulai mewabahi keseluruh kalangan. Mulai dari orang dewasa, remaja, bahkan sampai anak-anak dibawah umur. Padahal, orang tua nya mungkin sudah menyadari tentang dampak maupun bahaya gadget bagi anak nya.

Gadget sudah menjadi bagian penting dari kehidupan kebanyakan orang. Mengapa demikian ? Saat ini pengguna gadget seakan sudah menjadi kebutuhan yang sangat sulit untuk dilepaskan dari kegiatan sehari-hari. Banyak orang yang menggunakan gadget untuk mempermudah tugas dan pekerjaan ataupun sebagai pengisi waktu luang.

Menurut statistik lembaga riset pemasaran digital perkiraan e-marketer pada 2018 jumlah pengguna aktif smartphone di Indonesia lebih dari 100 juta orang. Dengan jumlah itu. Indonesia akan menjadi negara dengan pengguna smartphone terbesar keempat yang aktif di dunia setelah China, India, dan Amerika. Indonesia tidak jauh berbeda dengan India.

Penetrasi internet di Indonesia pada 2014 menurut statistik live internet, berada pada kisaran 17% dan persentase penduduk Indonesia yang melakukan pembelian online baru sekitar 16%.

Hal tersebut memang tidak dapat kita pungkiri lagi, dikarenakan marak nya dunia teknologi yang semakin canggih dan juga pihak gadget juga selalu berlomba-lomba dalam membuat fitur-fitur terbaru, bertujuan untuk menarik lebih banyak peminat terkhusus bagi para remaja saat ini.

Maka dari itu, saya sangat tertarik membuat artikel tentang Gadget bagi Pergaulan Remaja Saat Ini” dengan langsung terjun mewawancari beberapa teman-teman saya dengan beberapa pertanyaan seperti dibawah ini.

1. Seberapa penting Gadget bagi anda ?

Kebanyakan dari mereka menjawab sangat penting bagi mereka, dan alasan mereka pun hampir sama. Yaitu, karena gadget mampu memberikan informasi yang cukup lengkap tanpa harus membuang tenaga. Akan tetapi ada juga yang menjawab gadget penting apabila digunakan sesuai kebutuhan dan tidak melanggar norma-norma.

2. Apakah kalian pengguna Gadget aktif ?

Hampir semua dari teman-teman yang saya wawancarai mengatakan mereka pengguna gadget aktif. Karena menurut mereka gadget adalah segalanya bagi mereka.

3. Seberapa sering kalian menggunakan Gadget kalian ?

Mereka mengatakan bahwa, mereka menggunakan gadget hampir di setiap waktu kecuali waktu tidur.

4. Apa yang kalian lakukan dengan Gadget kalian ?

Mereka menjawab gadget mereka gunakan untuk komunikasi dengan teman-temannya  melalui Whatsapp, Instagram, Line, sms, Facebook, dan sosial media lainnya. Dan mereka juga menggunakan untuk browsing internet untuk mencari informasi serta menonton video-video di Youtube. Dan yang tidak dapat mereka tinggalkan adalah bermain game online maupun offline di gadget mereka.

5. Apa dampak positif dari Gadget menurut kalian ?

Ini sebagian jawaban dari mereka yang sudah saya simpulkan :

     – Mempermudah komunikasi secara online tanpa harus bertemu langsung melalui Whatsapp, Line, Facebook, dll.

– Memperluas jaringan persahabatan tanpa batas

– Mendapatkan informasi melalui browsing internet

6. Apa dampak negatif dari Gadget menurut kalian ?

Ini sebagian jawaban dari mereka yang juga sudah saya simpulkan :

– Berpengaruh terhadap kesehatan, dalam hal ini apabila kita menggunakan gadget secara berlebihan dapat merusak saraf otak akibat radiasi yang dipancarkan, dapat membuat mata menjadi minus dikarenakan kontak mata dengan cahaya yang dipancarkan gadget terlalu sering.

– Memicu stress, hal ini dikarenakan seringnya kita terlalu lama menunggu balasan dari pesan yang telah kita kirimkan ke seseorang. Kita akan cenderung agresif, mudah marah, dan terus-menerus melihat ke gadget kita. akibatnya kita akan kesulitan fokus untuk menyelesaikan suatu pekerjaan atau berbicara dengan orang yang ada disekitar kita.

– Kurangnya waktu beristirahat, kita memainkan gadget terlalu lama dapat membuat kita lupa waktu dan terkadang juga sampai melupakan waktu untuk istirahat kita sendiri, apalagi kita sedang dalam masa pendekatan dengan orang yang kita sukai, serta bermain game yang sangat membuat kita lupa dengan waktu karena terbawa suasana gembira dan menantang yang telah dimunculkan oleh game yang kita mainkan.

Setelah saya mengajukan beberapa pertanyaan kepada teman-teman saya sendiri. Saya berharap para pembaca dapat memahami lebih lanjut apa dampak positif dan negatif penggunaan gadget bagi kehidupan yang telah saya rangkum dan simpulkan menjadi sebuah artikel ini.

Kita sebagai manusia dalam interaksi sosial tentu nya saling tolong-menolong dalam hal kebaikan terutama dalam hal saling mengingatkan. Maka dari itu saya ingin memberikan sedikit solusi dari saya yang semoga solusi ini dapat membuat kita lebih baik lagi dikemudian hari.

Buatlah batasan bagi diri sendiri untuk menjauh dari gadget Sepenuhnya menjauh dari gadget mungkin sulit, bahkan mustahil bagi kebanyakan orang. Namun, menyediakan waktu sedikit saja untuk berselancar dan bermedia sosial melalui internet benar-benar akan membuat kita merasa lebih baik dalam jangka yang panjang.

Kita sebagai remaja harus pandai-pandai dalam hal membatasi diri serta menggali informasi dari penggunaan gadget. Gunakanlah gadget sebagai suatu media yang dapat membawa kita untuk menjadi orang yang sukses.

Recommended For You

About the Author: Mr. Alvharezky

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *