Apa itu Google Drive? Penjelasan, Fungsi, dan Manfaat Google Drive

Apa itu Google Drive?

Google drive adalah layanan google untuk menyimpan berbagai macam jenis data ataupun file dalam penyimpanan berbasis internet atau yang biasa disebut dengan cloud. Biasanya layanan google drive paling sering dijadikan media penyimpanan backup file-file penting baik dari handphone maupun laptop.

Bagaimana bisa google drive menjadi media penyimpanan paling laris saat ini? Karena fleksibel dan sudah terpercaya. Kalau dulu kita harus membawa flashdisk atau hardisk eksternal kemana-mana, kini kita tidak perlu membawa apapun jika ingin mengakses data kita yang sudah kita upload ke google drive. Cukup ada koneksi internet, maka kita bisa mengakses data tersebut.

Lalu sebenarnya bagaimana bisa google drive ini menyimpan data kita tanpa ada media fisik sama sekali? Apakah file kita sesudah di upload berada di internet? Atau bagaimana? Well sebenarnya data kalian disimpan di sebuah data center di kantor Google. Apa itu data center? Data center ini semacam ruangan yang hanya berisi ribuan media penyimpanan dan data ini hanya bisa diakses berdasarkan akun google drive yang mereka buat. Seperti foto di bawah ini salah satu ruangan data center Google.

Fungsi dan Manfaat Google Drive?

  1. Dengan google drive kita tidak perlu membawa media penyimpanan berbentuk fisik lagi. Jadi kalian tidak perlu lagi membawa flashdisk maupun hardisk eksternal. Tentu ini sangat membantu sekali. Karena media penyimpanan fisik punya resiko akan kerusakan dan tentu saja bisa hilang.
  2. Dengan google drive kita bisa punya media penyimpanan yang berkapasitas besar namun dengan biaya yang terjangkau. Harganya bervariasi tergantung paket kapasitas yang dipilih. Yang paling murah paket dengan kapasitas 100gb kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp. 29.000,-/bulan.
  3. Mendapatkan aplikasi office berbasis online secara gratis. Jadi kamu tidak perlu lagi harus menginstall microsoft office seperti word, excel, dan lain-lain. Karena dengan google drive kamu bisa membuka file-file tersebut secara online. Benefitnya komputer kamu akan lebih enteng dan kamu tidak perlu membeli lisensi microsoft office.
  4. Translate otomatis. Google drive juga menyediakan fitur translate otomatis berdasarkan file. Ini sangat wajar karena translator paling hebat saat ini adalah buatan Google yaitu google translate. Untuk itu Google juga menyediakan dalam fitur google drive. Jadi kamu tidak perlu repot untuk mengcopy-paste. Cukup upload file kamu, dan Google akan mentranslate seluruh isi file kamu.
  5. Revision History. Jadi ketika kamu mengedit file di aplikasi google drive, semua aktivitas kamu akan dicatat oleh dan di save secara otomatis oleh google drive. Dan semua versi dari revisi-mu juga direkam oleh google. Jadi misal ada kasus, setelah kamu save file kamu. Dan kamu kurang suka dengan hasilnya, kamu bisa mengembalikan file tersebut ke versi paling awal ketika belum diedit dengan fitur revision history.

Bagaimana? Sangat powerfull sekali bukan google drive ini? Memang google drive saat ini dijadikan platform bahkan untuk dunia kerja maupun bisnis. Karena memang manfaat yang diberikan google drive sebagai cloud terbaik di dunia ini bisa diandalkan kualitasnya.

Lalu bagi kalian yang ingin menggunakan google drive ini bagaimana cara membelinya? Berapa harganya? Untuk harganya saya katakan sekali lagi sangat bervariasi. Mulai dari yang termurah Rp. 29.000,-/bulan kamu sudah bisa mendapatkan penyimpanan sebesar 100gb.

Untuk pembayarannya kamu bisa menggunakan kartu kredit atau akun paypal. Namun bagi kamu yang belum punya kartu kredit ataupun akun paypal tidak perlu khawatir. Kamu bisa menggunakan jasa pembelian google drive premium. Jadi kamu bisa menggunakan bank Indonesia dan mata uang rupiah untuk melakukan pembayaran.

Recommended For You

About the Author: Mr. Alvharezky

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *