fbpx

7 Cara & Langkah Mendirikan Badan Usaha Jasa

 

 

Cara mendirikan badan usaha jasa ternyata tidak sesulit yang Anda bayangkan, selama dokumen lengkap dan persyaratan terpenuhi.

 

 

Beberapa tahun belakangan usaha yang bergerak dalam bidang jasa semakin populer. Bidang jasa yang cukup diminati antara lain usaha katering, biro perjalanan, ekspedisi, hingga konsultan. Dalam ranah konsultan, jasa konsultan IT termasuk yang paling banyak ditemui. Hal ini wajar mengingat teknologi telah berevolusi dan merambah seluruh lini kehidupan. Berbagai aktivitas bisnis pun membutuhkan dukungan teknologi informasi yang mumpuni agar bisa berjalan lancar.

 

Jasa konsultan IT juga punya lingkup kerja yang luas. Dalam sebuah perusahaan saja, konsultan IT dapat menggarap proyek terkait pengembangan sistem, pemasaran, manajemen, dan customer relationship management, sampai pada urusan pengembangan situs internet yang user friendly. Punya keahlian dalam bidang IT? Ini waktunya Anda mendirikan badan usaha konsultan IT untuk lebih serius berbisnis.

 

 

Cara Mendirikan Badan Usaha Jasa

Memiliki usaha berbadan hukum jauh lebih menguntungkan bagi konsultan IT seperti Anda. Sebab Anda jadi punya kesempatan untuk mengikuti lelang proyek skala besar yang diselenggarakan oleh pemerintah, BUMN, maupun swasta lain. Perusahaan pun terlihat lebih profesional dan memiliki kredibilitas tinggi. Tentu ini berdampak positif pada kelancaran bisnis Anda.

Adapun cara mendirikan badan usaha seperti jasa konsultan IT adalah sebagai berikut:

 

1. Membuat akta perusahaan

Setelah Anda mengajukan nama PT melalui Sistem Administrasi Badan Hukum (SABH) Kementerian Hukum dan HAM, segeralah menemui notaris untuk mengurus akta perusahaan. Akta ini menjadi modal Anda untuk mengurus dokumen penting lain, seperti SKDU dan SK pengesahan akta pendirian perusahaan.

2. Mengurus surat keterangan domisili perusahaan

Pengurusan Surat Keterangan Domisili Usaha (SKDU) dapat Anda lakukan di kantor kelurahan sesuai lokasi perusahaan. Apabila Anda belum memiliki atau belum mampu menyewa bangunan fisik sebagai kantor, virtual office Legalo dapat menjadi pilihan yang paling masuk akal. Berbekal Surat Edaran No. 06/SE/2016, Kepala Badan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPTSP) Provinsi DKI Jakarta mengizinkan penerbitan SKDU bagi mereka yang memakai virtual office untuk domisili perusahaan.

Tentu saja menggunakan virtual office sangat menguntungkan. Anda tidak perlu menyewa gedung dengan biaya tinggi, pun dapat menekan biaya operasional kantor pada saat bersamaan. Segala fasilitas penunjang kegiatan perkantoran tersedia di sini, mulai dari resepsionis, akses internet, telepon, hingga ruang meeting. Perusahaan Anda tampak lebih profesional karena memiliki alamat domisili lengkap. Anda pun lebih percaya diri saat bertemu dengan klien.

 

 

3. Memperoleh SK pengesahan akta pendirian perusahaan

Anda bisa mengirimkan salinan akta perusahaan dan SKDU melalui SABH secara online. Baru Anda memperoleh SK pengesahan akta pendirian perusahaan dari Kementerian Hukum dan HAM.

4. Mengurus NPWP perusahaan

Anda tinggal berkunjung ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) sesuai domisili usaha Anda. Jangan lupa bawa SKDU dan salinan akta perusahaan sebagai kelengkapan dokumennya.

5. Mengajukan permohonan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)

Saat mengajukan SIUP, pilihlah kode bidang usaha dengan tepat. Antara bidang usaha yang tercantum dalam akta, yang secara riil dilakukan, dan kode Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) haruslah sesuai. Untuk perusahaan jasa konsultan IT dapat menggunakan kode 6202 (aktivitas konsultasi dan manajemen fasilitas komputer) dan 7020 (aktivitas konsultasi manajemen).

6. Menyiapkan TDP

Segera setelah SIUP terbit, Anda harus mengajukan Tanda Daftar Perusahaan (TDP). Bagi Anda yang menggunakan virtual office sebagai domisili usaha, hanya bisa mengurus SIUP dan TDP lewat situs Dinas Pelayanan Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu setempat.

7. Terbitnya Tambahan Berita Negara

Jika nama perusahaan Anda sudah disiarkan dalam Tambahan Berita Negara Republik Indonesia oleh Menteri Hukum dan HAM, maka perusahaan Anda sudah legal dan diakui oleh negara.

 

Demikianlah cara mendirikan badan usaha jasa, khususnya perusahaan jasa konsultan IT. Jika usaha konsultan IT milik Anda telah berbadan hukum, mengikuti berbagai lelang proyek dan mengembangkan aktivitas bisnis pun sangat mungkin dilakukan dengan mudah.

 

sumber: komoditi

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of